Pemdes Sumber Jaya Laksanakan PIN Polio 2024


MUSI RAWAS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024. PIN Polio 2024 di Juli ini adalah Tahap 2, dilaksanakan serentak di 27 provinsi Indonesia, setelah PIN Polio Tahap 1 digelar di lima provinsi di Indonesia.

Di tahap 2 ini, Provinsi Sumatera Selatan mendapat kebagian, salah satu yang melaksanakannya di Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, bekerjasama dengan puskesmas setempat.

Kades Sumber Jaya, Sobrianto, mengatakan PIN Polio 2024 diperuntukkan untuk anak usia 0 bulan sampai 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Menurutnya, imunisasi ini sangat penting, karena bisa mencegah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio yang bisa menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan mendadak, kecacatan seumur hidup hingga kematian.

Ia berharap, adanya giat tersebut bisa mencegah anak-anak di Sumber Jaya terjangkit virus polio, agar tidak meluar dan menyebar luas di masyarakat.

"Polio sangat berbahaya dan bisa menular pada anak yang tidak memiliki kekebalan terhadapnya. Sekali anak terkena polio, tidak pernah bisa disembuhkan. Polio tidak bisa diobati, namun bisa dicegah dengan imunisasi" ujarnya, Rabu (24/07/2024).

(Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama